Cara Mengatasi Printer Epson L210 - Service Required

Konichiwa… Jeng-jeng…

Nongol lagi saya. Kali ini aku pengen membagikan tips trik mengatasi Printer Epson L210 yang lampu indikatornya kedip-kedip mulu dan muncul kotak dialog Epson Status Monitornya :

“Service Required – A printer’s ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support”

Gambar di mbah Google (karna Alhamdulillah print aku masih ting ting
Kurang lebih tulisannya begitu. Pertama kali nanganin pasien seperti ini waktu sekitar 2 minggu yang lalu waktu kami tim analis lagi-lagi training system PK (Perjanjian Kredit) di kantor Pusat di wilayah Komp Dutamas Fatmawati Jakarta Selatan. Waktu itu, printer Epson L210 di lantai 2 lagi macet kedap-kedip mulu ya kayak yang saya cantumin di ataslah gejalanya. Ada mba-mbanya udah nyoba buat di restart segala macem tapi tetep aja belum sembuh. Ada hasrat buat bantuin tapi masih takut, karna waktu itu lagi training dan atmosfirnya agak kurang adem begitu menurutku. Jadi dalam hati, “Ah, nanti aja kalo udah sepi aku benerin…” Wkwkwk. Training di pending (dilanjutkan sendiri maksudnya) karna sang instruktur lagi ada akad kredit di lantai bawah (masih aja sabtu ada akad -.- ).Okeh waktunya beraksi… Eh, Kok ga sepi-sepi ya.. Ahaha Saya cuma takut setengah mati, kalo sampe saya coba bantu benerin eh ternyata metode saya ga tepat nanti bisa di bejek-bejek ane… Mana punya pusat, punya instrukstur lagi. Kan horror!!

Capek nunggu, dan berhubung cuma ada satu orang yang ada di depan kompi tersebut (dan kebetulan mbanya cakep plus baik) ya udah deh garap aja kasian nanti kalo musti ke IT kan tambah lama berabe kerjaan. Ga ada 10 menitan, udah selesai dan di test print oke hasilnya mantaph!! Alhamdulillah, metodeku bener. Wkwkwk

Dan hari ini ke betulan Eneng dari Duren  Sawit  nelfon, printer Epson L210 (di kantor kami lagi ngetred dan lagi di budayakan pakai Epson L210 setelah dulu musim pakai Xeror Laser Jet. Ga tau kenapa, bukan maksud mau ngiklan ya?) nya mengalami gejala yang sama persis kayak printer yang di pusat kemarin. Setelah di fotoin eh ternyata bener sama persis gejalanya kayak yang di atas. Ya udah deh aku buatin tutorial ala kadarnya buat si Eneng. Alhamdulillah bisa juga, walau sempet katanya lampu nya udah ga kedap-kedip tapi belum bisa buat ngeprint. Printer Epson tipe ini, menurutku emang kadang suka rewel. Tapi Alhamdulillah rewelnya masih bisa di tangani. Saat ini printer model ini di Cabangku lagi rewel di Rollernya. Narik kertasnya suka lebih dari satu. Suka bikin zebell kalo ngeprint PK. Tapi ga tau dah ini males banget benerinnya. Belum termotivasi buat ngulik. Wkwkwk

Harap di maklumi gambarnya saya ambil dari WA

Lampu Indikator Printer Kedap-kedip

Penyebab printer model ini suka muncl tulisan “Service Required” ini, dari pemahamanku adalah gimana ya ngejelasinnya. Gini deh, produk ini istilahnya udah di program di setting sedemikian rupa kalo dia Cuma mampu ngeprint 1000 halaman misalnya. Nah, nanti kalau dia sudah dipakai dan sudah ngeprint 1000 halaman nanti dia otomatis akan munculin tulisan “Service Required” kayak pemberitahuanlah kalo ini sudah lewat lho ukuran dari standar pemakainnya gitu. Tapi bukan berarti ini udah ga bisa dipakai, bukan gitu. Ada solusinya, yaitu kita reset. Istilah banyak dosa kita maaf-maafan dulu dan kita mulai dari nol ya pak… (ala iklan Pertamina).  Ngereset printer ini akan menjadikan printer ke pengaturan semula. Begitu… Maaf kalo ilustrasi dan imajinasi saya sering kali di luar batas normal. Ahaha

Langsung aja yak, banyak cingcong dari tadi. Ini dia step by stepnya :

1.       Download dulu file reseternya di sini.
2.       Extract file tersebut di kompi masing-masing dan cari file “Adjprogcracked" kemudian buka filenya.

3.       Nanti akan muncul kotak dialognya dan pilih “Select”.

4.       Diopsinya pilih model printernya. Untuk port “Auto” aja. Trus OK.

5.       Kembali ke kotak dialog sebelumnya pilih “Particular Adjusment Mode”.
6.       Kemudian cari “Waste Ink Pad Counter”, pilih kemudian OK.

7.       Nanti akan mumcul kotak dialog Waste Ink Pad Counternya. Centang/ceklis pada kota “Main Pad Counter”. Klik “Check”. Kemudian setelah proses Check selesai centang lagi di “Main Pad Counternya”, kemudian klik “Initialization”. Tunggu sampai berhasil. Finish deh..

8.       Nah, nanti kalau sudah selesai biasanya ada perintah untuk mematikan printer kita. Ikutin aja. Trus hidupin lagi. Insya Allah sudah ga kedap-kedip lagi, dan coba aja di test print.

Oia, tambahan cara ini juga bisa dipakai untuk Printer Epson L110, L300, L350 dan L355.
Selamat mencoba…
&
Semoga bermanfaat...
>.<

Cerita Mudik Lebaran Idhul Fitri 1437 H Ke Kebumen - Belum Selesai

Tugu Lawet atau Tugu Walet Kebumen

Cerita Mudik Lebaran Idhul Fitri 1437 H Ke Kebumen

#LATEPOST banget nih. Haha bodo amat dah...

Lebaran bulan Juli kemarin kami sekerluarga berempat mudik ke Kebumen tempak kelahiran bapak. Ini sih ga tau bisa di katagorikan mudik apa engga ya? Terakhir kesana sekitar waktu waktu aku masih kelas 1 atau 2 SD. Rencananya memang cuma mau ziarah ke makam rama dan biyungnya bapak. Sekalian nyambung silaturahmilah sama saudara yang di sana. Kami berangkat tanggal 04 Juli 2016 dari Komsen Jatiasih nyarter (?) bus malem Murni Jaya. Harga tiket per orang 300IDR. Kaliin 4 manusia aja dah. Ah, beratnya ongkos mudik lebaran… Jadwal berangkat di tiket sih jam 4 sore. Kami udah sampe di agen busnya sekitar jam setengah 4. Setelah lama kunanti nanti sampe bosan sampe ngiler ada tukang mie ayam mangkal di depan agen (padahal lagi puasa) tak kunjung datang juga bus yang ku nanti. Hasyek!

Sekitar setengah enam penantian panjang kami telah berakhir. Alhamdulillah… Aku duduk sama adek. Ortu di belakang. Kayaknya udah jadi keharusan deh, setiap baru naik bus musti langsung ngolesin minyak kayu putih dan kalau lagi ga puasa wajib hukumnya buat langsung nenggak Tolak Angin. Pusing-pusing ga enak gimana gitu… Haddeh…

Buka puasa kami di dalem bis, kebetulan kami bawa bekal dari rumah. Ngirit say, tau sendiri harga makanan horror banget waktu di jalan pas bulan puasa begitu. Sekitar jam 4 subuh kami nyampe di terminal Kebumen. Trus ada bapak-bapak nyamperin nawarin becak. Suasananya masih gelap, kita naik 2 becak. Yang aku naikin becak manual alis kayuh pakai tenaga manusia. Terus yang satunya bentor alias becak motor. Adem banget sejuk, sepi, dingin sepoi-sepoi, Ya Allah… Seger banget Alhamdulillah. Berasa banget suasananya. Beda banget. Di sepanjang jalan waktu itu banyak banget gerombolan anak-anak kecil sampai remaja yang pada jalan kaki di sepanjang jalan raya. Ada juga ibu-ibu yang sengaja jalan ga pakai alas kaki. Terapi rematik kali ya? Sotoy! Jadi keinget dulu jaman waktu masih kecil di kampung di rumah mbah di Pacitan. Dulu waktu abis sahur setelah sholat subuh di masjid banyak anak-anak muda mudi yang jalan kaki rame-rame sama geng ke puncak bukit buat menikmati pemandangan gunung. Hasyek...

Kami menuju sebuah jalan yang mana di sepanjang jalan itu dapat dengan mudah ditemukan hotel. Awalnya kami turun di depan Hotel Putra. Koper dan tas-tas sudah pada turun, ongkos becak sudah di bayar... Tapi ternyata permisa, hotel penuh. Hahaha alamakjang... Memang seharusnya kami booking dulu jauh hari, namun apalah daya dalam perencanaan perjalanan ke Kebumen ini Bapak saya ga begitu ingat sama daerah sana. Ya ampun... Dari petunjuk penjaga Hotel Putra kami di sarankan ke Hotel Ungu Nasional yang letaknya kurang lebih 500 meter dari Hotel Putra. Lumayan lah bung, kami musti geret-geret koper jalan. Kenapa tak naik becak saja? Ah kepalang tanggung, lagian deket. Itung-itung sambil jalan santai pagi. ::Padahal sayang ongkos::

Oke sampailah kami di Hotel Ungu Nasional. Yes, ada kamar kosong. Tapi sayangnya kami hanya dapat satu malam atau dua malam gitu, lupa saya ha. Tak apalah. Syukuri saja.